Thursday, April 29, 2004

pagi yang meresahkan

kmaren kosan gw dimasupin penyamun berambut merah, tapi kaga ada barang yang ilang (dia kepergok ama temen gw).
CD gw yang dijemuran udah gw turunin dan gw absen satu2, untunglah lengkap smua... :P
hehehehehe

Ada lagi penyamun laen yang masup, yang satu ini kecil, coklat, dan bikin gatel
Namanya Siphonaptera sp, artinya: yang bertubuh seperti pipa (siphon), dan tidak bersayap (aptera)
mo liat picnya?, nihhhh (btw ukurannya 2-4 mm)



Musim ini banyak skali kucing yang berlalu lalang di beranda kosan gw,bahkan sempet tidur di kursi teras....
kayaknya kutunya brasal dari situ. Beberapa hari yang lalu tiba2 aja lengan gw bengkak, sakit+gatel, temen2 gw juga,
trus dia pergi ke dokter, katanya:"mbak ini gara2 gigitan kutu kucing"
kok bisa yah, hewan sekecil itu bisa bikin bengkak segede itu.....
Ternyata diliurnya si Siphon ntuh ada zat anti koagulan yang merupakan racun bagi tubuh manusia, weksss :((
ternyata lagi dia tuh penyebarnya Dipylidium caninum, ituh cacing pita anjing ato kucing yang juga bisa ngandok di tubuh manusia, yeekkks :((

Pernah denger penyakit pes gak? pasti pernah dong, abis PD 2 cina pernah kena wabah ini, beberapa tahun yang lalu India juga
kalo di indonesia.... hmmmm kayaknya pernah juga, tp di web gak ada infonya.... ntar deh gw tanya ama mbah gw :D
Bakteri pes ini (Pasteurella pestis<== namanya bagus yah :D) ngekos di tikus, trus darah tikusnya diisep kutu, trus kutunya nggigit orang.....
Korbannya: tikus, kutu, org (ternyata ada yang lebih sakti lagi sodara-sodara... :()

Selain mengusai berbagai ilmu hitam yang menyengsarakan manusia, si Siphon ini merupakan salah satu serangga dengan desain tercanggih
Bayangin aja, dia mampu lompat sejauh 150x lipat dari panjang tubuhnya, dan setinggi 80x lipat dari tinggi tubuhnya,
berarti sama dengan 600 mm vs 320 mm, 6 meter vs 3,2 meter, weeeeksss, dia bisa lompat sampe ke kepala gw :((
Percepatan yang dia gunakan untuk melompat,kalo diaplikasikan pada manusia, bisa buat tinggal landas ke bulan tuh.....
Dengan percepatan segede itu, kalo binatang ini gak diperlengkapi dengan baju besi, tubuhnya pasti udah remuk gara2 impact
saat dia liftoff atopun saat dia landing (kalo ada sodara2 insinyur yang baca, inget Hukum Bernoulli!!!!), dan sayangnya dia termasuk salah satu
serangga yang punya eksoskeleton yang paling tangguh, kalo nggak, Siphonoptera sp pasti udah punah dari muka bumi, huurraaaayyyyy

Gimana kalo udah telanjur kegigit?
langsung gosok pake minyak kayuputih (Melaleuca oil) atau kalo ada pake minyak sereh (Citronella oil), minyak2 atsiri tsb bisa membantu mengurangi gatel
Jangan digaruk!!!!!! itu hanya akan nyebarin racunnya dan nyebabin infeksi sekunder (termasuk bengkak tadi)
kalo telanjur infeksi, pake salep yang berbasis hidroksiquinolin.....atau untuk amannya pergi ke dokter deh.
Kalo kemaren, gw pake betamethasone (17 valerate), untuk gampangnya cari salep Benoson aja :P

Sesuai peribahasa, lebih baik mencegah daripada mengobati, yang paling penting adalah gimana cara ngabisin nih kutu?
Gw baca dulu yah, blom ngeh nih
besok aja disambung lagi

Selamat menggaruk buat me, myself and i
:((

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home